Supply Chain Management


SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Edisi Pertama | Cetakan Pertama
I Nyoman Pujawan

Nopember 2005
Teknik
190 x 235 mm
HVS | hitam putih
288 + xii halaman

979-545-038-7
Rp. 75.000,-


RINGKASAN Tidak ada perusahaan yang bisa lepas dari kebutuhan untuk memahami konsep-konsep supply chain management selama masih ingin beroperasi secara kompetitif di dunia bisnis yang serba turbulen ini. Meskipun istilah dan pendekatan SCM sudah berkembang belasan tahun, perkembangannya di Indonesia masih relatif lambat dan masih banyak sekali kebingungan tentang apa yang dimaksud dengan SCM dan bagaimana konsep-konsep SCM ini bisa diterapkan di lapangan. Buku ini menyajikan materi-materi fundamental tentang supply chain management (SCM) dan diharapkan bisa menjadi katalis dalam pemahaman dan implementasi konsep-konsep SCM di Indonesia. Buku ini ditujukan baik bagi mahasiswa maupun praktisi yang sedang belajar SCM.

Jika buku ini diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris maka kita akan menyangka bahwa Nyoman Pujawan adalah seorang profesor dari universitas terkenal di Amerika atau Inggris. Buku ini ditulis dengan struktur yang sangat baik sehingga dapat dijadikan sebagai referensi bagi organisasi yang ingin menjadikan Supply Chain sebagai core competensinya.
Soerjo Winarto, SCM manager PT. Sayap Mas Utama, Jakarta
Buku yang baik bagi mereka yang ingin mengenal dan mengetahui apa itu SCM, tetapi juga bermanfaat bagi para praktisi dibidang SCM. Penulis menguraikan secara lengkap apa itu SCM & memberikan ilustrasi praktis bagi para praktisi dibidang ini
Bungaran Panggabean, AVP SCM & Logistics, PT Charoen Pokphand Indonesia dan
Freelance Consultant bidang SCM & Logistics, Jakarta

DAFTAR ISI • 1 Pengantar tentang supply chain management • 2 Strategi supply chain • 3 Perancangan produk baru dalam perspektif supply chain management • 4 Merancang jaringan supply chain • 5 Pengelolaan permintaan dan perencanaan industri • 6 Mengelola persediaan pada supply chain • 7 Manajemen pengadaan • 8 Manajemen transportasi dan distribusi • 9 Distorsi informasi dan bullwhip effect • 10 Manajemen berdasarkan proses dan pendekatan lean • 11 Pengukuran kinerja supply chain • 12 International supply chain

I Nyoman Pujawan adalah dosen tetap di Jurusan Teknik Industri ITS Surabaya. Ketua Center for Supply Chain and e-Business Management. Pada tahun 2000 ia meraih gelar Ph.D pada Department of Management Science, Lancaster University, Inggris dengan thesis berjudul Buyer supplier relationships, lot sizing decisions, and payment terms in a supply chain. Dr. Pujawan merupakan pionir bidang supply chain management di Indonesia dan sejak tahun 1999 aktif mengadakan berbagai workshop bidang-bidang supply chain management, Manajemen Produksi/Operasi, dan Manajemen Persediaan dan Pengadaan. Dr. Pujawan aktif menulis dan melakukan riset dengan output yang berkualitas internasional. Sampai saat ini tulisannya sudah dimuat di berbagai jurnal internasional seperti European Journal of Operational Research, International Journal of Production Economics, International Journal of Operations and Quantitative Management, International Journal of Integrated Supply Management, International Journal of Logistics Systems and Management, dan Production Planning and Control. Ia juga menjadi salah satu penulis buku Successful Strategies in Supply Chain Management yang diterbitkan oleh the Idea Group, Inc. (USA). Di samping itu, Dr. Pujawan juga dipercaya menjadi salah satu anggota dewan editor untuk International Journal of Integrated Supply Management, menjadi ad hoc reviewer untuk International Journal of Operations and Quantitative Management, dan saat ini sedang menjadi editor tamu untuk International Journal of Production Economics untuk special issue yang mengangkat masalah Sustainable Supply Chain Management.